Tourism And Hospitality Marketing Teori dan Implementasi di Indonesia – Dr. Ma’ruf, S.E., M.Bus.,M.Phil., Dr. Verinita, S.E., M.Si.

Rp99,000

, Product ID: 41454

Deskripsi

Buku ini membahas pemasaran pariwisata dengan terlebih dahulu mengajak pembaca, khususnya mahasiswa yang menjadi target utama dengan memahami peranan sektor pariwisata terhadap pembangunan ekonomi sebuah negara atau kawasan. Agar bisa bertahan atau berkesinambungan pengelola bisnis wisata harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi potensi-potensi yang dapat ditawarkan kepada konsumen yang didukung oleh kemampuan untuk menemukan keunikan dan pengelolaan daya saing. Demand dan supply tidak akan bisa bertemu dan tidak akan menjadi transaksi jika tidak ada pengelolaan atau manajemen pengelolaan destinasi wisata. Mulai dari tersedianya informasi yang memadai, sub industri yang terlibat maupun berbagai infrastruktur pendukung dan manusia yang terlibat di dalamnya. Berbagai pihak yang terlibat dalam memenuhi demand ini perlu dikelola oleh sebuah manajemen pengelolaan destinasi wisata. Walaupun secara faktual sektor pariwisata telah berperan dalam pembangunan ekonomi pada beberapa negara, akan tetapi tidak menghilangkan perhatian terhadap potensi dampak negatifnya. Dampak negatif ini tidak serta merta harus menjadi alasan untuk menghentikan kegiatan pariwisata akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana mengelolanya. Bagian kedua dari buku ini akan fokus pada pemasaran hospitaliti. Pemasaran pariwisata tidak bisa dilepaskan kepada tersedianya sektor pendukung seperti hospitality dan travel/transportasi. Hospitality akan dibahas dari dua perspektif, pertama dari aspek infrastruktur dan kedua dari aspek sumberdaya manusia sebagai faktor kunci dalam menciptakan pelayanan yang berkualitas. Akan dibahas tentang pengenalan terhadap industri hospitality, hubungannya dengan sektor lain di industri pariwisata dan potensi-potensi bisnis yang terbuka di industri hospitality. Dilanjutkan dengan membahas industri hotel dan penginapan. Hotel dan penginapan adalah salah satu sub sektor utama dalam industri jasa yang mendukung pariwisata. Selain usaha penginapan konvensional seperti hotel dan homestay, kemajuan teknologi dan persaingan di industri telah memunculkan business model baru dalam industri penginapan.  Dibahas juga industri pendukung pariwisata yang melibatkan transaksi bisnis yang cukup besar yaitu restoran dan kuliner atau sering juga dikenal dengan industri F&B (Food and Beverage). Bagian ketiga dari buku ini akan membahas isu-isu kontemporer dan terkini di industri pariwisata. Isu pertama adalah tentang halal tourism dimana Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dunia memiliki potensi sebagai Muslim business hub, termasuk di dalamnya bisnis pariwisata.  Isu kontemporer kedua yang akan dibahas pada buku ini adalah tentang special interest tourism. Jika dikaitkan dengan konsep market positioning, special interest ini ditujukan kepada niche market. Cirinya adalah volume transaksi yang terbatas tetapi dengan nilai transaksi yang jauh lebih tinggi.

  • Penulis: Dr. Ma’ruf, S.E., M.Bus.,M.Phil., Dr. Verinita, S.E., M.Si.
  • ISBN: 978-623-08-0716-9
  • Halaman: 218
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2024

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Tourism And Hospitality Marketing Teori dan Implementasi di Indonesia – Dr. Ma’ruf, S.E., M.Bus.,M.Phil., Dr. Verinita, S.E., M.Si.”

Pin It on Pinterest

Share This