Pelajaran Hukum Pidana 3: Percobaan dan Penyertaan – Adami Chazawi

Rp68,000

  • Penulis: ADAMI CHAZAWI
  • ISBN: 978-623-321-898-4
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2021
, , Product ID: 25260

Deskripsi

Secara umum, hukum pidana berfungsi mengatur dan menyelenggarakan kehidupan masyarakat agar dapat menciptakan dan memelihara ketertiban umum. Hal ini dilatarbelakangi banyaknya kepentingan dan kebutuhan di antara manusia, yang di antara satu kebutuhan dengan kebutuhan yang lain tidak hanya berlainan, tapi terkadang saling bertentangan. Untuk menghindari timbulnya sikap dan perbuatan yang merugikan kepentingan dan hak orang lain dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut, dibutuhkan hukum untuk memberikan rambu-rambu berupaya batasan-batasan, sehingga manusia tidak akan bersikap sewenang-wenang dalam upaya mencapai dan memenuhi kepentingannya itu.

Dalam upaya memberikan rambu-rambu tersebut, hukum pidana memberikan bahasan yang sangat luas dan cakupan dari banyak segi. Hal ini terkadang menimbulkan kesukaran untuk memberikan suatu batasan yang dapat mencakup seluruh aspek pengertian hukum pidana yang sangat luas itu karena dalam memberikan batasan tentang pengertian hukum pidana, biasanya hanya melihat dari satu atau beberapa sisi saja sehingga selalu ada sisi atau aspek tertentu dari  hukum pidana yang tidak masuk dan berada di luarnya. Namun demikian, pemberian batasan tersebut tetap berguna karena setidaknya dapat memberikan gambaran awal tentang arti hukum pidana sebelum memahaminya lebih jauh dan mendalam.

Buku Pelajaran Hukum Pidana 3 ini merupakan salah satu bagian rangkaian Pelajaran Hukum Pidana (Bagian 1, 2, dan 3) yang membahas asas-asas hukum pidana. Sebagai lanjutan buku Pelajaran Hukum Pidana 2, buku ini membahas Percobaan Kejahatan dan Penyertaan Tindak Pidana.

Materi pelajaran Hukum Pidana ini dipelajari dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PHI), Hukum Pidana dan Hukum Acara Pidana.

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Pelajaran Hukum Pidana 3: Percobaan dan Penyertaan – Adami Chazawi”

Pin It on Pinterest

Share This