Deskripsi
Buku ini merupakan buku referensi yang menjelaskan model-model dan
manfaat Ma’had al-Jami’ah dalam konteks memberi wawasan keagamaan
para mahasiswa agar mampu mendalami ajaran Islam secara integratif,
moderat, berakhlakul karimah, atau daapat mengintegrasikan wawasan
ke-Indonesiaan dan ke-lslaman secara integratif
Dalam kurikulum Ma’had al-Jami’ah pada PTKI disusun dengan mempertimbangkan kaidah
“al-muhafadhah bi al-gadim al-shalih wa al-akhdu bi al-jadid al-ashlah”, yaitu
mengakomodasi model-model kurikulum yang selama ini berjalan di
beberapa Ma’had al-Jami’ah pada PTKI se-Indonesia, sekaligus memelopori
dan menginisiasi gagasan-gagasan baru guna tercapainya kurikulum
Ma’had al-Jami’ah yang integral dan berwawasan moderat (mengusung
nilai-nilai toleransi, ‘antikekerasan, kearifan lokal, dan komitmen
kebangsaan) Model atau program kurikulum yang diterapkan Ma’had
al-Jami’ah mengacu pada 3 (tiga) kategori input (kompetensi awal)
mahasantri, yaitu Ta’arruf fi al-Din (pengenalan agama), Ta’allum fi al-Din
(pemahaman agama), dan Tafagguh fi al-Din (pendalaman agama)
Kelembagaan Ma’had al-Jami’ah sebagai ruhnya pembelajaran keagamaan
Islam di lingkungan PTKIN akan menjadikannya sebagai lembaga sentral
dalam pengembangan keilmuan yang integral sekaligus sebagai ciri atau
kekhasan yang dimiliki oleh PTKIN
- Penulis: Dr. Imam Subchi, M.A.; Muhammad Ishar Helmi, S.Sy., S.H., M.H.; Khaeron Sirin, M.A., MDC.; Diana Mutia Habibaty, S.E.Sy., M.H.; Dr. Muhammad Maksum, M.A., MDC.; Raines Wadi, S.H.; Dr. Mamat S; Burhanuddin, M.Ag.
- ISBN: 978-623-372-154-7
- Halaman: 91
- Ukuran: 15 x 23 cm
- Tahun Terbit: 2021
Review
Belum ada ulasan.