AKUNTANSI MANAJEMEN Pendekatan Tradisional dan Kontemporer – Riwayadi

Rp115,000

Deskripsi

Buku ini membahas akuntansi manajemen tradisional yang disebut akuntansi manajemen berbasis fungsi (functional-based management accounting / FBM) dan akuntansi manajemen kontemporer yang disebut akuntansi manajemen berbasis aktivitas (activity-based management accounting (ABM)). Akuntansi manajemen tradisional menekankan pada unit organisasi dan penilaian kinerja manajer unit hanya bersifat keuangan. Sebaliknya, akuntansi manajemen kontemporer menekankan pada proses bisnis dan penilain kinerja manajer unit tidak hanya bersifat keuangan tetapi juga bersifat non-keuangan seperti kualitas dan waktu. Tidak banyak buku akuntansi manajemen yang membahas kedua pendekatan ini. Dengan pembahasan kedua pendekatan ini, pembaca akan memahami kelemahan pendekatan tradisional dan keunggulan pendekatan kontemporer.

Agar pembaca buku ini dapat memahami perbedaan pendekatan ini secara mudah, maka sebagian besar bab buku ini membahas kedua pendekatan tersebut, seperti perilaku biaya berbasis fungsi dan aktivitas (functional- and activity-based cost behaviour), variable costing berbasis fungsi dan aktivitas, CVP Analysis berbasis fungsi dan aktivitas, dan akuntansi pertanggungjawaban berbasis fungsi, aktivitas, dan  strategi. Buku ini juga membahas laporan dan manajemen biaya kualitas. Laporan biaya kualitas diperlukan untuk memudahkan manajemen dalam membangun daya saing produknya. Secara lengkapnya, materi dalam buku ini mencakup:

Bab 1     Pengantar Akuntansi Manajemen

Bab 2     Konsep Dasar Akuntansi Manajemen

Bab 3     Perhitungan Harga Pokok Standar

Bab 4     Variable Costing Berbasis Fungsi dan Aktivitas

Bab 5     CVP Analysis Berbasis Fungsi dan Aktivitas

Bab 6     Pengambilan Keputusan Taktis

Bab 7     Akuntansi Pertanggungan Jawaban Berbasis Fungsi, Aktivitas, dan Strategi

Bab 8     Penetapan Harga Transfer

Bab 9     Laporan dan Manajemen Biaya Kualitas

 

Setiap awal bab terdapat tujuan pembelajaran yang merupakan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang harus dicapai oleh mahasiswa. Diakhir pembahasan diberikan Rangkuman yang disinkronkan dengan tujuan pembelajaran. Hal ini akan memudahkan memudahkan mahasiswa untuk mereview kembali apakah tujuan pembelajaran sudah dicapainya. Diakhir buku ini juga ada pertanyaan, soal pilihan ganda, latihan, dan soal kasus yang dapat diselesaikan untuk memperdalam pemahaman.

  • Penulis: Riwayadi
  • ISBN: xxxx
  • Halaman: 286
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2022

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “AKUNTANSI MANAJEMEN Pendekatan Tradisional dan Kontemporer – Riwayadi”

Pin It on Pinterest

Share This