Sosiologi Pendidikan Emile Durkheim – Rakhmat Hidayat

Rp80,000

Buku ini berupaya memetakan pemikiran Durkheim dalam studi sosiologi pendidikan dan memiliki dua tujuan penting (1) menjadi pintu masuk untuk memperkuat diskursus sosiologi pendidikan dalam perspektif Durkhemian di Indonesia. Sebagai pintu masuk, sangat memungkinkan untuk mengembangkan terjadinya dialektika secara intensif dalam produksi wacana dan gagasan tentang studi sosiologi pendidikan Durkheim, (2) buku ini berupaya merangkai berbagai referensi primer Durkheim yang ditulis dalam bahasa Prancis maupun referensi sekunder yang ditulis berbagai sosiolog mancanegara tentang analisis Durkheim dalam sosiologi pendidikan. Hal ini dalam upaya mengatasi keterbatasan referensi tentang Sosiologi Pendidikan menurut Durkheim. Buku ini sekaligus juga di dalamnya tergambarkan dinamika pemikiran sosiologi di Prancis yang sangat dinamis.

***

Buku ini menawarkan sebuah analisis penting sosiologi pendidikan Durkheim pada umumnya dan khususnya bagi pembaca selain dari Barat seperti yang ada di Indonesia. Hal ini karena Durkheim adalah rujukan dari para pendiri sosiologi. Di antara ide-ide Durkheim yang muncul lebih dari satu abad lalu, membawa analisis Rakhmat Hidayat untuk memperkenalkan pemikiran Durkheim ke Indonesia. Berbagai pemikiran Durkheim signifikan untuk semua budaya pada setiap tahap perkembangan mereka. Durkheim adalah benar-benar ahli sosial sepanjang masa.

Prof. Dr. Stjepan G. Meštrović

Profesor Sosiologi di Texas A &  M University, Amerika Serikat

Kontribusi Rakhmat Hidayat  dalam menulis bukunya berjudul “Sosiologi Pendidikan Émile Durkheim“ sangat berharga dalam hal ini yang mengintegrasikan gambaran kehidupan Durkheim dan bekerja pada pendidikan dengan alat-alat yang dapat membantu kita menjadi lebih siap dengan jenis kapasitas yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dan tantangan kita dihadapkan dengan di zaman kita.  Buku ini menguraikan peran formatif Durkheim  dalam pembentukan disiplin Sosiologi, membuka jalan untuk penjelasan lebih rinci tentang basis pemikiran Durkheim tentang analisis pendidikan dan warisan yang kuat yang memberikan kontribusi terutama dalam pembentukan tradisi kuat yang diinformasikan melalui penelitian dan praktik dalam sosiologi pendidikan di Prancis.

Prof. Dr. Terry Wotherspoon

Profesor Sosiologi di Department of Sociology, University of Saskatchewan, Kanada

Karyanya Durkheim adalah bacaan wajib bagi mahasiswa dan peneliti Sosiologi Pendidikan, bukan hanya karena dia sangat berpengaruh dalam sejarah sosiologi, tetapi juga—dan ini adalah alasan yang paling penting— karena ia masih relevan. Seorang klasik adalah seorang penulis yang selalu menjelaskan kita sesuatu yang baru, yang kata-katanya membantu kita untuk memahami diri kita dan dunia hidup kita. Buku Rakhmat Hidayat sangat relevan, memungkinkan pembaca Indonesia untuk menjadi akrab dan relevan dengan kajian dari analisisnya Durkheimian. Itu sebabnya bukunya Rakhmat Hidayat sangat relevan sebagai bacaan wajib bagi siapa saja yang benar-benar berkomitmen untuk menghadapi tantangan, bagaimana kita dapat mengubah masyarakat kita menjadi tempat yang lebih baik dengan kesadaran individu tentang tugas mereka dan yang paling penting adalah hak dan cita-cita mereka.

Dr. Raquel Weiss

Profesor sosiologi di Department of Sociology and the Graduation Program in Sociology at

Universidade Federal do Rio Grande do Sul, Brazil dan Director of the Brazilian Centre for Durkheimian Studies

  • Penulis: Rakhmat Hidayat
  • ISBN: 978-979-769-682-5
  • Halaman: 266
  • Tahun Terbit: 2014

Pin It on Pinterest

Share This