Metodologi Penelitian: Tauhid Sebagai Paradigma Riset – Dr. Aep Saepudin, Drs., M.Ag.; Momon Sudarma, S.Pd., M.Si.

Rp124,000

Stok habis

, Product ID: 42892

Deskripsi

Wacana Metodologi Penelitian: Tauhid Sebagai Paradigma Riset, dapat dikatakan hadir dan menemukan pembaca tepat waktu. Disebut tepat waktu, karena berkaitan dengan kegairahan generasi muda untuk belajar Islam, dan sekaligus ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Tauhid dalam khazanah Islam, terus mengalami perkembangan makna dan implikasi. Tauhid bukan hanya digunakan sebagai prinsip dasar keyakinan (tauhid atau credos) keagamaan seorang Muslim, namun juga memberi dasar dalam pengembangan sains atau keilmuan Islam (epistemology). Wacana ini, merupakan aktualisasi dan kontruksi pemikiran antara pelaku bidang keilmuan (sains modern) dengan intelektual Islam, yang kemudian mengerucut menjadi sebuah kesadaran pengembangan keilmuan berdasarkan nilai Tauhid.

Narasi yang disajikannya, dilatari oleh sebuah keprihatinan terhadap pasang surut peradaban Islam.  Kemudian, kedua penulisnya melihat salah satu pilar keadaban dan peradaban yang hampir hilang, yaitu semangat (ghirah) dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk selanjutnya, para penulis mengeksplorasi prinsip dasar epistemology Islam, mulai dari evidensi, observasi, eksperimentasi, kontemplasi dan transendensi.  Penyajian yang mudah dibaca, dan menggunakan bahasa ilmiah popular, buku ini pun menyajikan paralelnya dengan perkembangan epistemology Islam, seperti konsep haqqul yaqin, aenal taqin dan ilmu yaqin.

Wacana ini, diyakini sangat bermanfaat, khususnya bagi mereka yang bermaksud untuk mengembangkan nalar-Ilmiah yang berbasis nilai Islam. Buku ini, tepat untuk dikaji baik kalangan mahasiswa sarjana,  pascasarjana, maupun santri yang berminat untuk kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis pada kecerdasan spiritual dan nilai-nilai spiritual.

  • Penulis: Dr. Aep Saepudin, Drs., M.Ag.; Momon Sudarma, S.Pd., M.Si.
  • ISBN: 978-623-08-0982-8
  • Halaman: 286
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2024

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Metodologi Penelitian: Tauhid Sebagai Paradigma Riset – Dr. Aep Saepudin, Drs., M.Ag.; Momon Sudarma, S.Pd., M.Si.”

Pin It on Pinterest

Share This