Kepemimpinan Pembelajaran Berbasis Budaya: Teori Dan Riset Dalam Meningkatkan Inovasi Sekolah – Ahmad Nurabadi, Ibrahim Bafadal, Teguh Triwiyanto, dkk (PO)

Rp60,000

, Product ID: 34640

Deskripsi

Kepala sekolah sebagai faktor yang sangat menentukan (critical factor) kesusksesan dalam meningkatkan mutu sekolah khususnya mutu guru dan prestasi peserta didik. Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif memiliki pengaruh kuat terhadap student attendance, student engagement with school, student academic self-efficacy, staff satisfaction, and collective teacher efficacy. Sehingga, kepala sekolah ditantang untuk mengupayakan dan mengaplikasikan kepemimpinan yang efektif. Tanggung jawab yang paling utama seorang kepala sekolah adalah meningkatkan kualitas pembelajaran untuk prestasi semua peserta didik. “The principal’s primary responsibility is to promote the learning and success of all students,”.

Pemahaman terhadap Budaya Sekolah dapat dilakukan berdasarkan kata-kata dan tindakan yang ada di dalamnya. Budaya sekolah diartikan sebagai sistem nilai, kepercayaan dan norma yang diterima bersama dan dilaksanakan dengan penuh kesadaran sebagai perilaku alami yang dibentuk oleh lingkungan masyarakat sekolah dengan menciptakan pemahaman yang sama pada seluruh warga sekolah. Budaya dapat diklasifikasikan menjadi 2 macam, yakni budaya positif dan negatif. Budaya yang positif dapat mengembangkan perilaku positif dan kondusif, sebaliknya budaya negatif dapat mengembangkan/mempengaruhi perilaku siswa yang negatif pula, maka budaya positiflah yang harus dikembangkan di sekolah.

Buku ini berisi berbagai pembahasan mulai dari kepemimpinan pendidikan, kepemimpinan pembelajaran, kepemimpinan perubahan, budaya, budaya dan kebudayaan, inovasi, kepemimpinan dan inovasi sekolah. Membangun budaya inovasi di sekolah yang kuat dan progresif tanpa kepemimpinan yang efektif adalah seperti mencoba membangun sebuah bangunan tanpa fondasi. Kepemimpinan yang solid adalah kunci untuk hasil inovasi yang bermanfaat dan harus dipertimbangkan dengan cermat untuk memaksimalkan keberhasilan.

  • Penulis: Ahmad Nurabadi, Ibrahim Bafadal, Teguh Triwiyanto, Imam Gunawan, Dedi Prestiadi
  • ISBN: 978-623-372-834-8
  • Halaman: 130
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2023

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Kepemimpinan Pembelajaran Berbasis Budaya: Teori Dan Riset Dalam Meningkatkan Inovasi Sekolah – Ahmad Nurabadi, Ibrahim Bafadal, Teguh Triwiyanto, dkk (PO)”

Pin It on Pinterest

Share This