Jual Beli Tanah Aman dari Masalah – Solahudin Pugung

Rp63,000

Stok habis

, , Product ID: 43350

Deskripsi

Pada tatanan ideal setiap orang yang melakukan jual-beli tanah tentunya ingin aman dari masalah, namun faktanya tidak selalu demikian. Realitas menunjukkan banyak konflik tanah yang terjadi pasca transaksi, baik antara penjual dengan pembeli, atau antara penjual dengan pihak ketiga atau antara pembeli dengan pihak ketiga dan lain-lain, yang disebabkan oleh surat-menyurat yang tidak tertib. Hal itu dapat terjadi karena beberapa paktor yaitu ketidaktahuan pihak-pihak, kelalaian, kekhilafan, maupun karena faktor kesengajaan seperti tipu daya, pemalsuan surat dan lain-lain. Di samping itu, ada 2 (dua) faktor lainnya yang ikut memperunyam persoalan tanah di Indonesia, yakni munculnya kelompok orang yang dalam terminologi awam disebut dengan “Mafia Tanah”, serta regulasi hukum jual-beli tanah yang masih mengandung kelemahan (ketidak-sempurnaan).

Sehingga tidak perlu heran bila konflik tanah masif terjadi di negeri ini terulang dan berulang laksana jamur di musim hujan “petik di sana mekar di sini, angkat di sini tumbuh di sana”. Mengapa kita tidak pernah mau belajar dari peristiwa sebelumnya, selalu mendaur ulang sejarah dengan memutar jarum searah.

Seyogyanya hukum agraria harus segera direformasi termasuk aturan hukum mengenai jual-beli tanah. Namun hal itu belum terlaksana. Di sisi lain transaksi tanah di tengah-tegah masyakat terus berjalan sepanjang waktu dan itu selalu mengandung potensi konflik. Di titik inilah diperlukan langkah-langkah progresif sebagai solusi alternatif untuk menambal ruang-ruang hukum yang kosong (ketitidak-sempurnaan regulasi itu), sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Buku ini hadir terinspirasi dari teori hukum progresif  Prof. Satjipto Rahadjo, yang mana hukum dibuat untuk melayani kebutuhan manusia dan harus mengabdi kepada manusia. Di titik itu, maka Penulis berhikmat mendorong masayarakat untuk melindungi diri sendiri dalam suatu jual-beli tanah agar aman dari masalah, sebelum peraturan perundang-undangan disempurnakan.

  • Penulis: Solahudin Pugung
  • ISBN: xxxx
  • Halaman: 98
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2024

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Jual Beli Tanah Aman dari Masalah – Solahudin Pugung”

Pin It on Pinterest

Share This