HOTS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Kompilasi dan Analisis hasil Penelitian – Benidiktus Tanujaya dan Jeinne Mumu

Rp75,000

, Product ID: 29563

Deskripsi

Rendahnya Higher Order Thinking Skills – HOTS siswa di Indonesia merupakan salah satu permasalahan pendidikan yang mendapat perhatian yang cukup besar dari pemerintah. Permasalahan makin kompleks karena keragaman pemahaman, kelangkaan sumber daya pendukung, dan kontinuitas upaya peningkatan HOTS siswa, merupakan sebagian dan banyaknya permasalahan yang ada. Keadaan ini memotivasi kami untuk melakukan berbagai penelitian tentang HOTS siswa, khususnya dalam pembelajaran matematika. Hasil-hasil penelitian yang disajikan dalam buku ini menunjukkan bahwa HOTS yang baik sangat penting dimiliki oleh siswa, baik dalam menunjang keberhasilan studi, juga dapat berperan dalam kesuksesan pada waktu terjun ke masyarakat. Upaya untuk mengatasi permasalahan HOTS siswa dalam pembelajaran matematika, selayaknya dimulai dari upaya peningkatan kompetensi dan kapasitas guru. Guru yang memiliki HOTS yang baik akan mampu memfasilitasi perkembangan HOTS siswa. Namun Guru bukan satu satunya unsur yang harus mendapat perhatian. Permasalahan HOTS siswa dalam pembelajaran matematika di Indonesia tetap dan akan terus ada, jika tidak dikaji dengan baik. Keterlibatan semua stakeholder, termasuk pemerintah dan masyarakat sangat penting untuk mengatasi permasalahan HOTS siswa di Indonesia.

 

 

Prof. Dr. Ir. Benidiktus Tanujaya, MSi., dilahirkan di Kaimana (dulu Kabupaten Fakfak) Papua Barat, adalah Guru Besar Pendidikan Matematika Universitas Papua, yang merupakan Sarjana Peternakan Universitas Cenderawasih, Magister Statistika IPB Bogor, Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Saat ini, penulis merupakan Dosen Tetap Pada Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Papua. Sebelumnya, Penulis merupakan Dosen Tetap Jurusan Matematika dan Statistika FMIPA Unipa (2000-2015), dan Program Studi Peternakan Uncen Manokwari (1993 – 2000). Beberapa mata Kuliah yang di asuh saat ini, antara lain: Evaluasi Hasil Belajar Matematika, Kajian Matematika SMA, Pendidikan Matematika Realistik, Desain Eksperimen Pendidikan, HOTS, Variabel Penelitian Pendidikan Matematika, dan Penelitian Pendidikan Matematika. Selain mengajar, Penulis melakukan penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika, khususnya Higher Order Thinking Skills siswa melalui penggunaan Design Research, Realistic Mathematics Education dan Lesson Study.

 

Jeinne Mumu, SPd., MSc., dilahirkan di Sumarayar, Minahasa Sulawesi Utara pada Tanggal 28 Juli 1973. Penulis merupakan Sarjana Pendidikan Matematika IKIP Manado, dan Magister Sains Matematika Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Saat ini, Ia merupakan dosen tetap pada Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Papua. Sebelumnya, Penulis merupakan Dosen Tetap Jurusan Matematika dan Statistika FMIPA Unipa (2002-2015). Penulis merupakan Lektor pada FKIP Unipa yang pernah mengasuh beberapa mata kuliah di beberapa fakultas di Unipa, antara lain: Matematika Dasar, Kalkulus, Aljabar Linier Elementer, Aljabar Linier, Struktur Aljabar, Persamaan Diferensial, Geometri, dan Geometri Transformasi. Penulis juga tercatat sebagai pengasuh beberapa mata kuliah kependidikan, antara lain: Penelitian Tindakan Kelas, Variabel Penelitian Pendidikan Matematika, HOTS, dan Penelitian Pengembangan. Ketua Program Studi PPG Unipa ini juga saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Doktor di Universitas Papua.

  • Penulis: Prof. Dr. Ir. benidiktus Tanujaya, M.Si dan Jeinne Mumu, S.Pd., M.Sc. 
  • ISBN: 978-623-231-998-1
  • Halaman: 136
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Cetakan: 1, September 2021

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “HOTS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Kompilasi dan Analisis hasil Penelitian – Benidiktus Tanujaya dan Jeinne Mumu”

Pin It on Pinterest

Share This