Globalisasi Ekonomi: Liberalisasi Perdagangan dan Pembangunan Hukum Ekonomi Indonesia – Dr. Marcel Seran, S.H., M.H.

Rp70,000

Stok habis

Deskripsi

Globalisasi ekonomi adalah proses pengintegrasian ekonomi global ke dalam sistim ekonomi nasional yang diperankan oleh aktor-aktor seperti TNCs, WTO, IMF dan Bank Dunia. Peran aktor-aktor tersebut akan memainkan ekonomi global dan secara ekonomi suatu negara tergolong tidak mampu  mempunyai ketergantungan pada perekonomian dan perdagangan, produksi dan finansial internasional, serta negara-negara yang tergolong tidak mampu ini tidak jarang rentan terhadap tekanan dan pengaruh globalisasi perekonomian dan perdagangan global.

Pengaruh globalisasi ekonomi dan liberalisasi perdagangan ini tidak dapat dipungkiri bahwa dominasi negara Eropah Barat dan Amerika Serikat terhadap negara dunia ketiga dalam percaturan politik dan ekonomi terus berlanjut. Gagasan kapitalisme dan pasar bebas-pun mulai bergulir dan diperkenalkan. Dominasi pemikiran kapitalisme dan pasar bebas yang kemudian menjadi embrio lahirnya pembentukan GATT (General Agreement on Tariffs and Trade) pada tahun 1948 hingga berdirinya WTO (World Trade Organization) tahun 1995. Demikian pula dengan disetujuinya perundingan putaran Uruguay (Uruguay Round) maka sistem perdagangan bebas multilateral semakin mendominasi dunia dan  tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh globalisasi ekonomi dan liberalisasi perdagangan juga berdampak pada hukum ekonomi nasional suatu negara, termasuk Indonesia.

Dalam menghadapi dampak pengaruh perkembangan globalisasi ekonomi dan liberalisasi perdagangan tersebut, dapat digunakan strategi peran aktif negara dalam proses negosiasi dengan aktor-aktor global, serta menciptakan hukum ekonomi nasional yang harus tampil sebagai mekanisme pengintegrasi yang dapat mengharmonisasikan berbagai kepentingan nasional dan internasional dan antar sektor kehidupan nasional  yang dapat mengakomodir kepentingan nilai global untuk dimanfaatkan bagi perkembangan perikonomian nasional.

  • Penulis: Dr. Marcel Seran, S.H., M.H.
  • ISBN: xxxx
  • Halaman: 112
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2024

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Globalisasi Ekonomi: Liberalisasi Perdagangan dan Pembangunan Hukum Ekonomi Indonesia – Dr. Marcel Seran, S.H., M.H.”

Pin It on Pinterest

Share This