Etika Pelayanan Publik-Philipus Ngorang

Rp115,000

Pelayanan publik dimaknai sebagai segala usaha yang dilakukan oleh orang  atau  badan di dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal itu dapat dilakukan oleh pihak swasta, tetapi yang berperan  paling penting  di dalam memenuhi kebutuhan rakyat adalah negara melalui aparatur negara. Namun, ketika pelayanan publik memberi peluang memperoleh keuntungan,  praktik pelayanan publik oleh aparatur negara yang semula semata-mata untuk melayani kebutuhan masyarakat lama-  kelamaan berputar haluan mencari keuntungan, suatu keuntungan yang  dinikmati oleh  aparatur negara  sendiri. Dari sana  muncul praktik penyalahgunaan kekuasaan oleh aparatur negara demi  kepentingan aparatur negara.  Praktik pelayanan publik aparatur negara demikian ingin dihilangkan atau minimal dikurangi agar wajah  pelayanan publik di negeri  ini  tampil baik  dan  membawa kesejahteraan,  keadilan, dan  solidaritas antara masyarakat. Maka, etika  pelayanan publik diharapkan dapat  memberi solusi yang konkret bagi pelayanan publik yang buruk.

 

Buku ini berisi hasil tinjauan dan refleksi penulis mengenai makna etika pelayanan publik. Etika tidak hanya sebagai aturan norma, sistem nilai dan kode etik yang  menuntun seseorang dalam melakukan tindakannya, tetapi juga  bermakna sebagai  filsafat yang merefleksi secara kritis aturan moral dan kode etik itu. Etika sebagai refleksi kritis hendak memahami faktor-faktor yang mendukung praktik  pelayanan  publik buruk dan menghambat praktik pelayanan publik yang baik. Dengan memahami faktor-faktor yang menghambat praktik pelayanan publik  yang baik, diharapkan dapat ditemukan strategi-strategi yang mampu menghapus atau minimal mengurangi faktor-faktor penghambat itu.

Penulis: Philipus Ngorang, Dr. M.Si

ISBN: 978-623-231-101-5

Ukuran: 15x 23 cm

Tahun: 2020

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Etika Pelayanan Publik-Philipus Ngorang”

Pin It on Pinterest

Share This